Outbond Keswara yang diselenggarakan oleh RS Jiwa Jabar memfasilitasi para anak berkebutuhan khusus agar dapar ber-rekreasi, selain itu kegiatan Out Bound ABK juga dirancang agar anak bisa mandiri, melatih kepercayaan dirinya, melatih kerjasama dengan orangtuanya, melatih motorik halus dan kasar, melatih kesabaran dan menumbuhkan jiwa kompetisi. .

dr. Elly Marliyani, Sp.KJ, MKM selaku direktur utama menyampaiakan bahwa kegiatan outbond ini sekaligus mewujudkan sebuah komunitas yang dapat saling mendukung satu sama lain. Tentunya Mengacu juga pada Misi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat No.1 “ Mengembangkan Pelayanan Unggulan Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja, Rehabilitasi Napza serta Kampung Walagri sebagai Pusat Pemberdayaan ODGJ dan ODMK Berbasis Pemulihan Secara Komprehensif ”, maka Rumah Sakit Jiwa berkewajiban untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi anak dan remaja serta mendukung anak dan remaja berkebutuhan khusus dan keluarganya dari aspek bio-psiko-sosial salah satunya melalui kegiatan Out Bound Keswara. 

Tema Out Bound Keswara kali ini adalah “Ayo Maju Bersama”, orangtua juga dilibatkan dalam seluruh tahapan kegiatan mulai dari senam bersama, jalan santai, fun games, sampai acara kebersamaan, dengan maksud agar meningkatkan kerjasama antara anak dan orangtua serta meningkatkan ikatan emosional orangtua dan anak ABK agar lebih terjalin dengan baik dan bersinergis. 

Menurut dr. Lina Budiyanti, Sp.Kj (K) selaku kepala instalasi keswara, tujuan dari kegiatan ountbond ini diharapkan anak bisa mandiri, bsa melatih kepercayaan dirinya dalam menghadapi lingkungan luar, selain itu melatih kerjasama baik dengan orangtua ataupun dengan sesamanya, melatih motorik halus dan kasar, melatih kesabaran dan menumbuhkan semangat.

Arimbi, S.Kep., Ners sebagai ketua pelaksana mengungkapakan Kegiatan ini dibantu oleh Volunteer pegawai RSJ dari berbagai ruangan sebagai pendamping anak sebanyak 50 orang. (27/07)