MANAJEMEN KECEMASAN OLEH DIRI SENDIRI

Ns.Winda Ratna Wulan.,M.Kep.,Sp.Kep.J

 

Ketika seseorang merasakan kecemasan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

1. Berbicaralah dengan orang yang anda percayai

Meminta seseorang untuk mendengarkan perasaan khawatir yang anda rasakan bisa membuat perasaan anda menjadi lebih lega, jika anda tidak memiliki seseorang yang bisa anda percayai untuk diajak bicara anda bisa datang ke profesional pelayanan kesehatan untuk berbicara dengan terapis yang kompeten dan menjamin kerahasiaan apa yang anda ceritakan.

2. Cobalah untuk mengelola kekhawatiran anda

 a. Buatlah waktu fokus khusus untuk memikirkan kekhawatiran anda, hanya di waktu yang telah ditetapkan, tidak di waktu yang lainnya

b. Ketika anda merasa khawatir tuliskan perasaan tersebut pada selembar kertas, lalu simpan di stoples atau apapun yang anda anggap tepat

3. Jagalah kesehatan fisik anda

a. Usahakan anda tidur cukup waktu: tidur memberikan energi supaya anda dapat mengatasi perasaan dan pengalaman yang sulit.

b. Pikirkan untuk diet: menjaga pola makan teratur dan menjaga gula darah tetap stabil akan membuat suasana hati dan energi lebih baik

c. Cobalah untuk melakukan aktivitas misalnya dengan melakukan olah raga secara teratur ( lari,bersepeda, berenang, yoga, dsb), melakukan pekerjaan rumah aktif (menyapu, mengepel), ikuti kelas menari, berkebun.

4. Lakukan latihan pernafasan: lakukan latihan pernafasan misalnya dengan melakukan relaksasi pernafasan 4, 7, 8 (tarik nafas 4 detik, menahan nafas 7 detik dan menghembuskan nafas 8 detik) atau butterfly hug.

5. Buatlah Jurnal harian: buatlah catatan tentang apa yang terjadi saat anda merasa cemas atau panik untuk menemukan pola yang memicu pengalaman cemas atau memperhatikan tanda-tanda awal ketika cemas akan terjadi, anda juga bisa menulis tentang hal baik yang sudah terjadi sebagai penyemangat diri.

6. Bergabunglah dengan rekan-rekan yang memiliki pengalaman hidup yang sama: bergabung dalam kelompok dengan pengalaman yang serupa memiliki manfaat supaya anda dapat saling mendukung, bertukar ide tentang cara mengatasi kecemasan dan tidak merasa sendirian

7. Lakukan terapi komplementer dan aternatif seperti yoga, meditasi, aromaterapi, pijat, refleksiologi, herbal, dan hipnoterapi.

Sumber:

www.mind.org.uk, www.webmed.com, www.womenhealth.com, www.wildtreewellness.com