Berani Berhenti Merokok

#Commit To Quit

Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang di peringati setiap tanggal 31 Mei pada tahun 2021 ini, mengajak semua perokok di dunia untuk berani berhenti merokok melalui gerakan “Commit to Quit” dan menandatangani petisi daring #berani berhenti pada tautan https://rebrand.ly/BeraniBerhenti

 

CEK FAKTA :

Jumlah perokok aktif di dunia adalah 1,3 miliar yang telah tercatat oleh WHO. Dan  menyebabkan 8 juta kematian setiap tahunnya. Dan setiap tahun, sekitar 225.700 orang di Indonesia meninggal akibat merokok atau penyakit lain yang berkaitan dengan tembakau.

Paparan terhadap tembakau dapat meningkatkan risiko terjangkit penyakit tidak menular (PTM) kronis seperti penyakit jantung, penyakit saluran pernapasan kronis, diabetes, dan kanker.

Perokok jika terserang Virus SARS-CoV-2 dapat meningkatkan risiko menderita penyakit COVID-19 yang parah.

 

APA SIH MANFAAT BERHENTI MEROKOK

Manfaat jika berhenti merokok sebagai berikut :

Selama 20 menit, tekanan darah, denyut nadi dan aliran darah membaik.

Dalam 12 Jam, hampir semua nikotin dalam tubuh sudah dimetabolisme, sehingga tingkat karbon monoksida (CO) dalam darah pun turun menjadi normal.

Dalam 1-2 hari,nikotin mulai tereliminasi dalam tubuh, fungsi pengecap dan penciuman mulai membaik, sistem cardiovaskuler meningkat baik.

Bagaimana jika berhenti merokok dalam jangka waktu panjang?

Misal dalam 2-12 minggu, sirkulasi tubuh pasti akan ikut membaik dan fungsi paru-paru ikut meningkat.

Jika dalam waktu 1-9 bulan, batuk dan sesak napas akan ikut berkurang.

Kemudian dalam 5-15 tahun, risiko stroke bisa berkurang.

 

BAGAIMANA CARA BERHENTI MEROKOK?

1. Bulatkan Tekad Dan Tujuan Anda Berhenti Merokok

Mulailah untuk menentukan alasan berhenti merokok yang lebih spesifik dan kuat,

2. Berhenti Merokok Seketika (Total), Atau Melakukan Pengurangan Jumlah Rokok Yang Dihisap perhari Secara Bertahap

3. Kenali Waktu Dan Situasi Dimana Kamu Paling Sering Merokok

Coba alihkan kebiasaan merokok di tempat tersebut dengan aktifitas
lain, misalnya mengunyah permen sebagai penggan

4. Tahan Keinginan Merokok dengan Menunda

Menahan diri adalah salah satu kunci dimana kamu akan dapat mengendalikan diri dari keinginan merokok.

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga dapat menghilangkan Stress

6. Mintalah Dukungan dari Keluarga dan Kerabat

Bisa juga bergabung dengan komunitas mantan perokok untuk berbagi dan saling menguatkan

7. Konsultasikan dengan Dokter
Konsultasi dengan Dokter dapat membantu kamu menghadapi ketergantungan pada nikotin

Bisa juga kamu menggunakan layanan Berhenti Merokok Kemenkes RI di 0-800-177-6565 (Free Call Service)

 

Sumber : WHO & Kemenkes RI

Penyusun : Memy Rizkiyah, SKM

#BeraniBerhenti
#CommitToQuit
#HariTanpaTembakauSedunia2021
#HTTS2021
#WorldNoTobaccoDay
#WNTD

#PKRS

#PromkesJabar

#RSJJawaBarat

#RSJProvJabar