Kesehatan Jiwa

Oleh Memy Rizkiyah, SKM

Sumber : Buku Pedoman Kesehatan Jiwa kemenkes RI 2011

31 Desember 2018

 

Kesehatan Jiwa bukan sekedar terbebas dari gangguan jiwa, tetapi merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh semua orang.

Kesehatan jiwa adalah perasaan sehat dan bahagian serta mampu menghadapi tantangan hidup, dapat menerima orang lain sebagaimana adanya dan mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain.

Orang yang sehat jiwa dapat mempercayai orang laindan senang menjadi bagian dari suatu kelompok. Bagi mereka kehidupan penuh arti.

Jadi kesehatan jiwa meliputi:

  1. Bagaimana perasaan seseorang terhadap dirinya
  2. Bagaimana perasaan seseorang terhadap orang lain
  3. Bagaimana caranya ia mengatasi stress yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari

 

Ciri Orang Yang Sehat Jiwa :

  1. Merasa nyaman terhadap dirinya, yaitu :
  2. Mampu menghadapi berbagai perasaan seperti rasa marah, takut, cemas, cinta iri, rasa bersalah, rasa senang dan lain-lain
  3. Mampu mengatasi kekecewaan dalam kehidupan
  4. Mempunyai harga diri yang wajar
  5. Menilai dirinya secara nyata, tidak merendahkan dan tidak pula berlebihan
  6. Merasa puas dengan kehidupan sehari-hari

 

  1. Merasa nyaman berhubungan dengan orang lain, yaitu
  2. Mampu mencintai dan menerima cinta dari orang lain
  3. Mempunyai hubungan pribadi yang tetap
  4. Mampu mempercayai orang lain
  5. Dapat menghargai pendapat orang lain yang berbeda
  6. Merasa menjadi bagian dari kelompok
  7. Tidak mengakali orang lain dan tidak membiarkan dirinya diakali oleh orang lain

 

  1. Mampu memenuhi kebutuhan hidup
  2. Menetapkan tujuan hidup nyata untuk dirinya
  3. Mampu mengambil keputusan
  4. Menerima tanggung jawab
  5. Merancang masa depan
  6. Menerima ide dan pengalaman baru
  7. Merasa puas dengan pekerjaannya

 

Tahukah kamu bahwa kesehatan jiwa mempengaruhi semua orang, baik individu, keluarga dan masyarakat dan dapat mencegah adanya kenakalan remaja, perceraian rumah tangga, tindak criminal, penyalahgunaan NARKOBA dan lain-lain. Gangguan jiwa merupakan masalah kesehatan masyarakat. Gangguan jiwa membutuhkan dana yang sangat besar. Perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan jiwa masyarakat dan mencegah gangguan jiwa.

 

Derajat Kesehatan Jiwa

Tidak ada batasan yang tegas antara orang sehat jiwa dengan orang yang terganggu jiwanya. Terdapat suatu kesinambungan yang disebut derajat kesehatan jiwa (sangat sehat, sehat, cukup sehat, kurang sehat, sakit). Tidak semua orang selalu mempunyai ciri jiwa yang sehat sepanjang hidupnya. Setiap orang dapat mengalami berbagai ragam derajat kesehatan jiwa. Derajat kesehatan jiwa sebagaimana kesehatan fisik dapat ditingkatkan dengan cara membina kebiasaaan, membina lingkungan dan hubungan yang baik.

 

Perasaan yang sering kita alami

Setiap orang pernah merasakan perasaan senang atau susah. Rasa senang antara lain cinta bahagia, gembira, puas, ceria, aman, percaya diri, bangga dan lain-lain. Ketika merasa senang, orang merasa nyaman.

Rasa susah antara lain marah, sedih, takut, kesepian, cemas, kecewa. Iri, benci dan berduka. Ketika merasa susah orang merasa tidak nyaman, namun orang harus dapat mengatasi perasaan susah tersebut.

Bagaimana cara mengatasi perasaan ??

  1. Kenali perasaan anda seperti marah, takut, sedih, iri, cemas, senang dan lain-lain pada setiap situasi
  2. Coba untuk mengerti apa yang menyebabkan perasaan tersebut
  3. Perhatikan apa yang anda lakukan terhadap orang lain dan diri sendiri ketika timbul perasaan tersebut
  4. Ketahuilah kemampuan dan keterbatasan anda dalam menghadapi situasi tersebut.
  5. Kenalilah cara anda mengatasi perasaan dan masalah, apakah berhasil atau tidak, misalnya mengahadapi rasa marah. Tanyakan pada diri anda :
  • Mengapa saya marah?
  • Kepada siapa saya marah
  • Apa yang biasanya saya lakukan ketika marah?
  • Apa saja yang dapat saya lukan untuk mengatasi rasa marah?
  1. Pelajari cara baru yang dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan anda dalam mengatasi perasaan anda, tanpa merugikan diri sendiri atau orang lain
  2. Rencanakan cara yang positif untuk mengatasi perasaan ini selangkah demi selangkah
  3. Lakukan rencana anda
  4. Bila hasilnya tidak memuaskan, cari cara lain.