Artikel RSJ Jabar

Cara Mengembangkan Emosi Positif

Emosi adalah perasaan yang lebih intens atau lebih dalam yang ditujukan terhadap sesuatu. Manusia yang normal pasti memiliki emosi. Emosi sendiri terdiri dari emosi positif dan emosi negative.

Sedangkan emosi yang negatif, sebaliknya akan memberikan kerugian kepada manusia, misalnya kebencian, kemarahan, balas dendam, penolakan, ketakutan, keserakahan, dan lain sebagainya. Namun kadangkala manusia lebih sering memunculkan emosi negatifnya daripada emosi positifnya.

Emosi yang negatif dapat muncul dari kegiatan yang negatif pula. Oleh karena itu, kita harus mencari cara bagaimana menumbuhkan emosi yang positif

Menemukan hasrat dan semangat yang positif bias membantu kita dalam mengalahkan pikiran negative. Dengan begitu, kita akan merasa terpenuhi dari sisi kebutuhan emosi dan fisik.

Kemudian kita bertumbuh dengan lebih menghargai waktu, mandiri, percaya diri dan mampu berhubungan baik dengan orang lain di sekitar kita.

Dengan sikap mental positif kita akan lebih siap menghadapi tantangan, termasuk dalam pekerjaan.

 

1. Memasukan hiburan dalam jadwal harian

Saat membuat jadwal harian, jangan pernah lupakan aktivitas yang membuat hari kita senang. Apa pun bentuknya, lakukan hal yang menurut kita menyenangkan setiap hari, meski hanya beberapa saat saja.

2. Ajak diri kita menjadi kuat dan mandiri

Ada saatnya energi melemah saat kita masih harus menyelesaikan pekerjaan. Namun coba lawan rasa malas atau apa pun yang melemahkan kita. Sikap mental ini bisa dibangun dan dibiasakan. Kemampuan yang dibiasakan ini bisa membantu kita merasa percaya diri dan memperkuat system kekebalan kita. Hormon pembangkit gairah dan semangat juga akan terpompa. Dengan begitu emosi yang positif pun juga akan terpompa.

3. Melawan Stres

Praktekkan strategi sederhana untuk mengurangi stress. Bentuknya bisa dengan mengatur pernaafasan dengan perlahan. Ambil nafas mendalam dari hidung, lalu keluarkan perlahan melalui mulut. Ulangi tiga hingga emapat kali untuk memberikan kesempatan oksigen masuk dalam aliran darah dan memberikan rasa tenang.

4. Berbagi dengan oranglain

Kemampuan yang kita miliki bisa bermanfaat bagi orang lain. Mencari bentuk kerelawanan yang bisa memanfaatkan kemampuan kita. Kita bisa menemukan di masyarakat yang secara kemampuan fisik dan materi di bawah kita, bersedekah, dll

5. Memberikan apresiasi terhdap orang lain

Berkumpul bersama teman, keluarga atau sahabat, setidaknya sekali atau dua kali sebulan. Keterbukaan dan kepercayaan yang kita bagi bersama orang terdekat membuat kita lebih kuat menghadapi berbagai persoalan setiap harinya

6. Mendekatkan diri kepada Tuhan YME

Dengan beribadah, hati dan pikiran manusia akan senantiasa bersih

Jadi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif akan menumbuhkembangkan emosi yang positif.  Apalagi untuk para remaja yang masih labil. Pengembangan emosi yang positif ini sangat membantu mereka dalam meraih cita-cita yang diinginkan