Berita RSJ Jabar

Pelayanan Suporting Treatment di RS Jiwa Provinsi Jawa Barat

Sosialisasi CST diselenggarakan hari Kamis, 29 Sept 2016 di Aula RS Jiwa Provinsi Jawa Barat yang dibuka oleh Wakil Direktur Pelayanan RS Jiwa Prov. Jabar dr. Riza Putra, SpKJ.

Penyelenggaraan sosialisasi CST (Care Supporting Treatment)  dihadiri oleh kader puskesmas, KPA (Komisi Penanggulangan AIDS),  LSM, Dokter dan perawat, dengan  nara sumber dari Dinas Kesehatan Kab. Bandung Barat yang diwakili oleh Ka. Bid. P2PL dr. Primanti I. Soemaedi

CST ( Care Supporting Treatment) ≈ PDP (Perawatan, Dukungan dan Pengobatan) adalah perawatan, dukungan dan pengobatan pada penderita AIDS

Sosialisasi CST ini bertujuan meningkatkan pengetahuan komprehensif perawatan, dukungan dan pengobatan dalam pengendalian HIV – AIDS dan IMS . Tujuan pengendalian HIV-AIDS dan IMS adalah:

  • Menurunkan jumlah kasus baru HIV
  • Menurunkan angka kematian
  • Menurunkan stigma dan diskriminasi

Untuk mencapai pengendalian HIV-AIDS dan IMS di daerah perlu pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan advokasi, sosialisasi dan pengembangan kapasitas.

Bagaimanakah melakukan perawatan, dukungan dan pengobatan pada penderita AIDS?

PERAWATAN umum ODHA dengan 11 langkah : 1) Triase, 2) Edukasi dan dukungan, 3) Pemeriksaan dan penilaian, 4) Telaah status kehamilan, 5) Telaan status TB, 6) Perawatan klinis untuk masalah akut, 7) Pemberian profilaksis, 8) ART, 9) Tatalaksana masalah kronik, 10) Perencanaan yang akan datang, 11) Pencegahan.

Alur perawatan kronis ODHA (prinsip 5A – 5M): Assess – Menilai, Advise – Menyarankan, Agree – Menyepakati, Assist – Membantu, Arrange – Merencanakan.

DUKUNGAN  dengan Menjalin kemitraan dengan pasien, prinsip bekerja sebagai suatu tim klinis.

PENGOBATAN (Teraphy): memberikan  Pengobatan Terapeutik – Terapi ART, Pengobatan Profilaksis – IO, Pengobatan penunjang.

Pelayanan CST dilaksanakan di Klinik Melati  RS Jiwa Provinsi Jawa Barat, Jl. Kol. Masturi KM 7 Cisarua – Kab. Bandung Barat, setiap hari kamis Pukul 08.100 – 14.00 WIB