Berita RSJ Jabar

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia bertema “Walk The Talk” Dignity in mental health. (Jakarta 9 Oktober 2016)

Hari Kesehatan Jiwa yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2016, oleh kemenkes diperingati dengan berbagai acara yaitu:

  1. Workshop Reasearch Capacity Building Toward  + Re Implementation of the National Institute Of Mental Health pada tanggal 6 Oktober 2016 di Jakarta
  2. Jalan santai, senam masal dan menonton video kartun di Lapngan Parkir Monas

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat mengirimkan perwakilan 2 orang untuk mengikuti Workshop tersebut dan perwakilan untuk mengikuti jalan santai dan senam masal  di jakarta (Lap. Parkir Monas) pada hari minggu 9 oktober 2016. Acara dimulai pada pukul 07.30, tiba dilokasi pukul 06.00 dan peserta telah ramai memenuhi lokasi.

Workshop Reasearch Capacity Building Toward  + Re Implementation of the National Institute Of Mental Health membahas kasus pemasungan, Kerjasama antara 4 kementrian, kepolisian dan BPJS dalam masalah gangguan jiwa, membuat renstra pendekatan siklus hidup 1000 hari pertama kehidupan, dan mengembangkan kesempatan penlitian kesehatan jiwa.

Sebelum jalan santai dimulai ada sambutan dari perwakilan Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes RI yang bahwa kesehatan utama yang menyebabkan disabilitas, 5 diantaranya adalah masalah kesehatan jiwa yaitu: depresi, alkoholisme, gannguan bipolar, skizofernia dan obsesif kompulsif.

Tema HKJS tahun ini adalah "Walk The Talk" Dignity in mental health "Jiwa Sehat dimulai dari keluarga sehat. Hal yang paling sederhana diterapkan di keluarga adalah melatih dan membiasakan keluraga khususnya anak untuk mengucapkan terimakasih dan mengucapkan minta maaf ketika salah. Sehingga si anak kelak secara tidak langsung dapat belajar menghargai/menghormati kebaikan oranglain sekecil apapun, kata maaf merupakan cara belajar anak mengakui dengan jujur atas perbuatan/kesalahan yang dilakukannya sehingga memberi pengaruh di masa depan untuk senantiasa mengakui atas apa kesalahan/perilaku yang diperbuatnya.